Connect with us

PANDUAN PEMULA MENCARI UANG DARI INTERNET

MENCARI UANG LEWAT INTERNET

kerja dengan internet

PANDUAN

MENCARI UANG LEWAT INTERNET

MENGENAL DUNIA KERJA DI INTERNET

Tahukah kamu tentang fakta menarik, bahwa sebagian besar mereka yang mengandalkan internet dalam mencari nafkah ternyata orang-orang yang tersesat dalam tanda kutip? menekuni bidang yang sama sekali tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka dan bahkan sering menemukan kesuksesannya secara tidak sengaja.

Contohnya seorang kawan saya yang lulusan S1 Manajemen dari sebuah universitas terkemuka di Jogja telah menjadi disainer logo sukses selama 5 tahun.

Seorang kawan lainnya yang dulu mengambil jurusan Bahasa Inggris sekarang malah jadi jutawan berkat toko online nya.

Kenalan saya yang lain yang tadinya adalah teknisi sebuah gerai provider selular sekarang menikmati penghasilan 10x lipat lebih besar dari menjual gambar vektor di internet.

Kenalan lainnya lagi adalah kawan dari sebuah forum di Facebook yang Cuma lulusan SMP. Dia lahir dan besar di Lampung, kemudian merantau ke Semarang. Dia bisa keliling Eropa dan USA berkali-kali dari usahanya menjadi importir lewat internet.

Tetangga saya sambil membantu usaha orang tua berjualan tahu telor sekarang mulai mendapatkan pemasukan dari ngeblog.

Saya banyak membaca tentang orang-orang yang sudah mendapatkan pekerjaan bagus di perusahaan mentereng berskala internasional yang malah mengundurkan diri dan memilih menjadi freelancer bekerja dari rumah, dan masih banyak contoh yang lain lagi.

Mencari nafkah dari internet tidak membutuhkan ijasah sama sekali. Yang mutlak diperlukan adalah semangat pantang menyerah, positive thinking, dan tentu saja skill yang memadai agar kita mempunyai kompetensi untuk bersaing. Ingat, lingkup kerja di internet sekarang tidak terbatas, kamu terhubung dengan orang-orang dari seluruh penjuru bumi.

MENGAPA BEKERJA LEWAT INTERNET

Perubahan jaman membawa perubahan pola pikir dan pandangan orang tentang hidup, termasuk di dalamnya terhadap pekerjaan.

  • Lain dulu lain sekarang

Saat saya masih anak sekolah dulu, saya masih ingat betul nenek memberi nasehat agar belajar dengan baik supaya kelak menjadi dokter. Kenapa dokter? Karena jadi dokter pasti cepat kaya, karena mudah mencari uang, karena biaya ke dokter itu kan mahal. Percayalah, jaman sekarang jadi dokter itu tidak menjamin masa depan. Uang Gedung untuk masuk ke jurusan kedokteran sekitar 200 juta, belum lagi biaya yang diperlukan selama 6 tahun masa studi (bukan 4 seperti umumnya jurusan lain). Setelah lulus, belum tentu diterima di rumah sakit karena jumlah tenaga medis sekarang sudah tidak langka seperti dulu, mau diangkat jadi PNS harus mengabdi dulu ke daerah terpencil, dll.

Beberapa orang gagal mengantisipasi perkembangan jaman, pada usia lanjut mereka masih berkeliling keluar masuk kampung sebagai tukang patri panci, tukang payung, tukang wenter baju, dll. Mereka terpaksa menekuni pekerjaan-pekerjaan di masa lalu yang life cycle nya sudah habis. Jaman dulu mungkin menjanjikan, sekarang orang lebih memilih beli payung baru daripada memperbaikinya.

  • Solusi alternatif punya usaha sendiri

Opsi ini sangat obyektif. Untuk kamu yang sudah punya pekerjaan mapan di suatu institusi, sah-sah saja kamu ingin terus berkarir hingga jenjang paling tinggi dan pensiun di situ. Untuk yang posisinya labil, gaji kecil, harap-harap cemas pada akhir masa kontrak, mau di perpanjang apa tidak, kamu harus coba mencari pekerjaan via internet. Kamu bisa mengelola usaha sendiri bahkan dengan modal nol sekalipun.

  • Mengenal pola kerja baru 

Pada usia 40 tahunan ke atas fisik sudah mulai mengendur. Apa kamu mau terus masuk kerja dari Senin- Sabtu jam 8-3 terus? Sampai kapan?

  • Otomatisasi penghasilan

Ini adalah pola pikir kebanyakan orang Indonesia  yang saya temui di sekitar saya. Tidak ngantor, tidak berkeringat, maka jangan harap dapat uang. SALAH BESAR. Di internet kita bisa mengatur masa depan pekerjaan kita, ada sistem yang bisa kita rancang hingga pada titik tertentu, kita tetap mendapatkan uang meskipun sudah tidak bekerja lagi. Saya akan tunjukan contohnya!

  • Keluarga adalah segalanya

Saya pribadi memberi prioritas tinggi pada urusan keluarga. Saya berkomitmen untuk mengantar dan menjemput anak-anak sekolah hingga SMP/A. Saya selalu mendampingi kegatan anak saya mengikuti kejuaraan sepatu roda, tampil menari di panggung, sekolah sepak bola, dll dan semua itu bisa saya lakukan karena internet

  • Apa kamu tidak ingin menyisihkan waktu untuk hal-hal lain selain kerja, kerja dan kerja?

Saya ingin menekuni hobi saya secara total, saya ingin mendirikan yayasan sosial, saya ingin keliling Indonesia mengunjungi raja Ampat, menyelam di Wakatobi, melihat Komodo, mengunjungi Ngarai Sianok, dll dan semuanya bisa saya lakukan dengan pekerjaan saya yang sekarang ini.

BAGAIMANAKAH MEMULAINYA?

Lakukan hal-hal berikut:

TAHAP PERTAMA

Kenali internet dengan baik, jadikanlah internet sebagai kebiasaan sehari-hari. Secara khusus blog ini ditujukan bagi mereka yang benar-benar pemula, yang belum lama mengenal internet. Mulailah dengan banyak membaca informasi dari browsing-browsing dan baca-baca. Google dengan kata kunci semacam: cara mencari uang  di internet, mencari penghasilan dengan internet, cara menjadi freelancer,how to make money in internet, mencari penghasilan dari rumah, kisah sukses bloger Indonesia, profil disainer logo sukses…dll. Ingat, akan ada banyak informasi tentang cara cepat kaya mendadak dan semacamnya. ABAIKAN DAN JANGAN DI BACA!

TAHAP KEDUA

Pilih dan pilah bidang apa yang sesuai dengan bakat dan minat kamu. Pekerjaan akan terasa sangat menyenangkan bila kita menyukainya. Saran saya pilihlah pekerjaan di bidang yang memberi kita kebebasan menjadi bos bagi diri kita sendiri dan memberi fleksibilitas waktu, dan jangan dulu memilih yang duitnya gede karena kamu akan mengalami proses dari bulan ke bulan, mulai dari tahu sedikit lama-lama menjadi makin paham banyak hal. Pelan-pelan, jangan mudah tergiur, nikmati saja progresmu.

TAHAP SELANJUTNYA

Jangan dulu tinggalkan pekerjaan kamu yang sekarang. Terus perbanyak membaca dan mencari. Internet menyajikan segala macam informasi. Bikin Email pribadimu, bisa dengan hotmail.com, gmail.com, yahoo.com, dll. Email berfungsi seperti KTP, sebagai bukti eksistensimu di dunia maya. Bisa kan bikin akun e-mail? kalau kamu tidak tahu caranya silakan tulis pertanyaan di bawah laman ini, di kolom LEAVE COMMENT di bawah tulisan ini dan saya akan memandu kamu.

TAHAP KEEMPAT

Bidang apa sajakah yang bisa kita kerjakan? banyak sekali, diantaranya:

Disain logo, disain kartun, disain game mobile, infografis, t-shirt, tato, disain Website, pemrograman, disainer antar muka, wordpress, jomla, menulis, ngeblog, copy writing, novel, cerpen, Forex, animasi, video blogging, engineering, jual-beli, penerjemahan, menjadi guru online, mejadi afiliate, dropship, CPA, dan masih banyak lagi yang belum saya sendiri ketahui.

Bila kamu sudah mulai menemukan bidang pekerjaan yang kamu inginkan, saatnya untuk melangkah lebih jauh. Kamu perlu mempelajari skill yang dibutuhkan untuk bekerja.Berikut ini sebagian daftar sumber belajar baik yang berbayar maupun gratis, yang saya rekomendasikan:

  • udemy.com
  • treehouse.com
  • craftsy.com
  • shareskills.com
  • belajarkoding.com
  • dll

Kalau kamu suka menggambar atau suka bikin grafis lanjutkan dengan membaca artikel ini, sedangkan buat kamu yang waktu senggangmu tidak banyak coba baca artikel ini.

Ok, sampai di sini dulu, silakan praktikkan sambil jalan. Yang penting action dulu, pelan tapi pasti.

Semangat!!!

 

 

Incoming search terms:

  • cara mencari nafkah melalui internet
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in PANDUAN

 photo LOGOKEJARDOLAR BUAT WEB HEADER.jpg Panduan Mencari Penghasilan Lewat Internet untuk PEMULA

Follow me on Twitter

To Top
error: Baca di sini saja ya :-D